Pertemuan Orang Tua/ Wali Murid

Cipanas, 19 Juli 2019—SMP  Negeri 2 Cipanas adakan pertemuan dengan orang tua/ wali murid.

Pertemuan diadakan di Aula SMP Negeri 2 Cipanas, yang dihadiri oleh Pejabat Plt. Kepala Sekolah Bapak Daud, S.PdI., MM.Pd., Ketua Komite Uuh Suhaemi, S.Pd., Wakil Kepala Sekolah H. Agus Mujianto, S.Pd. PKS Kesiswaan Nico Putra Jaya, S.Pd., PKS Kurikulum Dedy Supriadi, M.Pd., Dewan Guru, stap Tata Usaha dan orang tua wali murid kelas 7.

Hadir bertindak sebagai pembawa acara dalam kesempatan tersebut Dra. Yanyan Widaaryani (PKS Humas), memperkenalkan satu persatu para wali kelas 7, dimulai dari wali kelas: 7A Ibu Effi Yanulis, S.Pd., 7B Ibu Nunung Jubaedah, S.Ag., 7C Ibu Ristian Nurhidayanti, S.Pd., 7D Ibu Ida Farida Suryani, S.Pd., 7E Bapak Endang Suparman, S.Pd., 7F Ibu  Ema Rustika, S.Pd., 7G Bapak Apep Ismail Saleh, S.S., 7H Bapak Jajang Suhendar S.Pd., 7I Bapak Deni Yuniandi Sofyan, M.Pd., 7J Bapak Ryan Febrianto, S.Pd.

Dalam sambutannya Pejabat Plt. Kepala Sekolah Bapak Daud, S.PdI., MM.Pd. menyampaikan berbagai hal menyangkut kebijakan sekolah. Salah satu pesan, yang disampaikan diantaranya, mengenai sinergisitas berbagai komponen yang ada di sekolah, dan lingkungan masyarakat sekitarnya, dalam mengemban tugas, mensukseskan tujuan pendidikan nasional.

Tujuan pendidikan nasional adalah mencerdaskan anak bangsa, selanjutnya dijelaskan olehnya bahwa yang dimaksud kecerdasan itu komplek, meliputi kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual. Selain pendidikan yang berorientasi meningkatkan kompetensi kognitif, pendidikan karakter sangat penting untuk ditanamkan kepada peserta didik. Sehingga keterlibatan aktif berbagai pihak yang menjadi stakeholder mutlak diperlukan.

Salah satunya, peranan orang tua peserta didik sebagai patner sekolah dalam mendidik anak-anak tidak bisa dipisahkan. Bahkan orang tualah yang pada hakikatnya memiliki peran utama dalam pendidikan karakter. “Madrasah pertama bagi seorang anak adalah sorang Ibu” ungkapnya. Sedangkan guru hanya sebagai fasilitator, pembimbing, atau dengan kata lain sebagai orang tua kedua di sekolah.

Sehingga penyelenggaraan acara kegiatan pertemuan dengan orang tua/ wali murid, di awal tahun ajaran baru, penting diadakan. Fungsinya sebagai media komunikasi, untuk menyamakan persepsi. Selain dibuat kesepahaman dalam mendidik anak-anak, juga dapat  dijabarkan kegiatan-kegiatan sekolah yang akan diselenggarakan sekolah.

Dengan demikian guru dan orang tua dapat bersinergi dan mengembangkan komunikasi horizontal yang bersifat kekeluargaan dalam mendidik anak-anak. Apa yang dilakukan peserta didik di sekolah perlu diketahui orang tua, dan begitu juga sebaiknya, lingkungan keluarga peserta didik perlu diketahui guru untuk mengidentifikasi berbagai persoalan yang bisa muncul dalam perjalanan pendidikan nantinya.

Dalam pertemuan tersebut, Bapak Dedy Supriadi, M.Pd. selaku PKS Kurikulum menyampaikan program-program akademik SMPN 2 Cipanas Tahun Pelajaran 2019/ 2020, diantaranya informasi jadwal pelajaran, penggunaan kurikulum 2013 serta ekskul wajib Pramuka. Kemudian Bapak Nico Putra Jaya, S.Pd. selaku PKS Kesiswaan juga menyampaikan program-program di bidang kesiswaan, diantaranya informasi seputar kegiatan ektrakulikuler yang ada, lomba-lomba yang akan diikuti seperti O2SN, FL2SN, aturan-aturan dan tata tertib untuk peserta didik yang berlaku di lingkungan SMP Negeri 2 Cipanas.

Selanjutnya, secara interaktif Ketua Komite SMP Negeri 2 Cipanas, Bapak Uuh Suhaemi, S.Pd.I. mengadakan acara dialog yang berisi sesi ‘Tanya Jawab’ antara pihak orang tua/ wali murid dengan pihak sekolah. Dari kegiatan tersebut mucul berbagai aspirasi dan pertanyaan-pertanyaan orang tua/ wali murid yang direspon secara baik oleh pihak sekolah. 

Acara ditutup dengan pembacaan Do’a yang dipimpin lansung oleh Bapak Daud, S.PdI., MM.Pd. selaku Pejabat Plt. Kepala Sekolah. Dan juga, tak lupa di akhir sesi, Dra. Yanyan Widaaryani selaku pembawa acara menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran dari para orang tua/ wali, dan permohonan maaf yang sebesar-besarnya apabila dalam penyelengaraan acara ada hal-hal yang kiranya kurang berkenan.

Deni Y.S. 2019