Kegiatan MPLS SMP Negeri 2 Cipanas 2019

Cianjur, SMP Negeri 2 Cipanas—Hari ini, Senin (15/7) merupakan hari pertama masuk sekolah bagi seluruh siswa-siswi di seluruh Indonesia setelah libur panjang. Memasuki hari pertama, para peserta didik baru akan mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah untuk mendukung proses pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.

Di SMP Negeri 2 Cipanas Kabupaten Cianjur, pembukaan MPLS peserta didik baru Tahun Pelajaran 2019/ 2020 dilaksanakan di Lapangan Upacara. Acara dibuka oleh Plt. Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Cipanas, Bapak Daud, S.PdI., MM.Pd.

Selain kegiatan dalam rangka masa orientasi dan pengenalan lingkungan sekolah, kegiatan MPLS juga diharapkan menjadi salah satu upaya merealisasikan visi “Berprestasi, Sehat, Berbudaya Lingkungan, dan Berakhlakul Karimah”  yang merupakan visi dari SMP negeri 2 Cipanas. Acara dihadiri oleh Dewan guru, perwakilan siswa-siswi, dan orang tua peserta didik baru. Sekitar 320 siswa-siswi mengikuti pembukaan MPLS dan penyematan tanda peserta MPLS 2019/2020.

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) 2019/ 2020 di SMP Negeri 2 Cipanas, dilaksanakan merujuk pada ketentuan dalam Peraturan Menteri Pendidik dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 18 Tahun 2016 tentang MPLS. “Dalam aturan tersebut, MPLS sepenuhnya di bawah pengawasan guru dan membatasi keterlibatan siswa senior untuk menghindari terjadinya kekerasan atau perpeloncoan,” Pada Permendikbud tersebut, termasuk juga melarang penggunaan atribut MPLS yang bersifat merendahkan dan memalukan.

Selanjutnya pada Permendikbud tersebut, juga membuat ketentuan kegiatan yang dilarang dalam pelaksanaan MPLS di satuan pendidikan. Seperti memberikan tugas kepada siswa baru yang wajib membawa suatu produk dengan merek tertentu, menghitung sesuatu yang tidak bermanfaat seperti menghitung nasi, gula, semut, dan sebagainya.

Hal lainnya, yang juga dilarang, seperti menyuruh mengkonsumsi makanan dan minuman sisa yang bukan milik masing-masing siswa baru, memberikan hukuman kepada siswa baru yang tidak mendidik seperti menyiramkan air serta hukuman yang bersifat fisik atau mengarah pada tindak kekerasan, memberikan tugas yang tidak masuk akal seperti berbicara dengan hewan atau tumbuhan dan lain-lain. 

Selama MPLS di SMP Negeri 2 Cipanas, peserta didik baru akan diberikan materi tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah, Wawasan Wiyata Mandala, Tata Krama, Kesadaran Berbangsa dan Bernegara, Pendidikan Karakter, Pembinaan Mental Agama di Sekolah, Kurikulum 2013, Cara Belajar Efektif, Kepramukaan, dan Pengenalan Ekstrakurikuler. Melalui kegiatan MPLS 2019 ini diharapakan para peserta didik baru SMP Negeri 2 Cipanas, bisa semakin mengenal lingkungan sekolah, karakter sekolah, dan berbagai kebiasaan-kebiasaan baik yang dimiliki sekolah, seperti pengajian rutin Jum’at dan doa bersama di aula setiap pagi, budaya literasi, hingga menjaga kelestarian lingkungan sekolah.

Deni Y.S. 2019