Arti Kemerdekaan

Saepudin

Saat-saat getir pernah dialami bangsa kita di masa lalu. Sudah berapa butir air mata keluar dari mata para perempuan negeri ini, dan sudah berapa luka dan darah yang ditorehkan senjata di bahu para pemuda yang berjuang membela negara kita tercinta hanya untuk kata MERDEKA. Bangsa kita yang dijajah oleh penjajah melawan sekuat tenaga mengorbankan harta, jiwa, dan raga nya untuk membela tanah air Indonesia berakhir dengan diproklamirkannya kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Semenjak 17 Agustus 1945 hingga hari ini, bangsa Indonesia selalu memperingati dirgahayunya setiap tahun dengan berbagai seremonial maupun perlombaan. Kemerdekaan merupakan torehan tinta emas sejarah yang mengantarkan Indonesia ke fase perjuangan baru. Selain itu, ada banyak arti kemerdekaan bagi rakyat Indonesia dan di antaranya adalah sebagai berikut;

a. Puncak Perjuangan Melawan Penjajahan
b. Merupakan Pernyataan De Facto
c. Menaikkan Harkat dan Martabat Bangsa
d. Fase Baru Perjuangan Nasional
e. Kesejahteraan Rakyat dan Tegaknya Pancasila

Pertanyaannya adalah, sudahkah kita benar-benar merdeka?

Adalah tidak mudah untuk menjawab pertanyaan tersebut di atas. Berbagai sudut pandang akan mempengaruhi pendapat individu ataupun golongan dalam menjawab pertanyaan itu. Gambaran banyaknya kemiskinan, kelaparan, tuna wisma sebenarnya bisa dijadikan satu barometer apakah negeri ini benar-benar merdeka atau belum. Di negara-negara maju memang dijumpai pengemis, tuna wisma dll. Akan tetapi, Indonesia sebagai negara yang merdeka dan kaya raya mempunyai jumlah pengemis dan tuna wisma terbanyak. Rakyat yang merdeka seharusnya menikmati kehidupan yang baik,cukup sandang dan pangan serta papan. kalaupun ada pengemis seharusnya memang hal itu karena “kesalahan” pada dirinya sendiri, bukan karena kesalahan negara yang memang tidak mampu memerdekakan mereka. Namun jika kita memandang dari sudut positivism, sepatunyalah kita mensyukuri segala nikmat kemerdekaan yang telah Allah limpahkan kepada kita.

Bagi para Pelajar  yang menuntut ilmunya sepanjang hayat, ingatlah  bahwa kemerdekaan bagi kita adalah rahmat. Kita bisa menuntut ilmu yah , karena kemerdekaan . Coba bayangkan , saat kita tidak memiliki kemerdekaan , kita tidak punya hak untuk bertanya , apalagi menuntut ilmu .Oleh karena itu , dalam hal ini , hari kemerdekaan harusnya bisa membangkitkan semangat kita untuk berjuang melawan  kebodohan . Karena kebodohan pangkal kehancuran. Kita harusnya bisa merasakan semangat para pejuang Garuda yang membela tanah air hanya untuk satu kata ” Kemerdekaan ” . 17 Agustus saat yang telah di bayar oleh pejuang kita.

Sumber:

” Makna kemerdekaan bagi Pelajar “

http://gurupintar.com/threads/jelaskan-apa-arti-kemerdekaan-bagi-rakyat-indonesia.726/

http://www.kompasiana.com/telomania/arti-kemerdekaan-untuk-bangsaku-indonesia_550da1328133114322b1e6c2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *